Visi, Misi, dan Tujuan


Visi

Visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi  Pendidikan Islam Anak Usia Dini disusun dengan melibatkan berbagai pihak yaitu stakeholder internal dan stakeholderseksternal yaitu: Mapenda Kanwil Kementerian Agama, Subdit PMPTK Kanwil Kementerian Pendidikan Nasional, Ketua MGMP, Ketua Organisasi Profesi yaitu Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Provinsi Lampung (HIMPAUDI) dll. Mekanisme yang ditempuh dalam menyusun visi, misi, tujuan, dan sasaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini yaitu sebagai berikut.

  1. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan meminta ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini untuk mengusulkan nama-nama personalia tim penyusun visi, misi, tujuan dan sasaran program studi.
  2. Ketua Program Studi mengajukan permohonan pembentukan tim beserta usulan nama-nama personalianya yang merepresentasikan keterwakilan berbagai unsur yaitu pimpinan, guru besar, dosen senior, dosen junior, pegawai/karyawan, mahasiswa, alumni, danstakeholder.
  3. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menerbitkan SK tentang tim panitia penyusun.
  4. Tim panitia melakukan serangkaian pertemuan dan rapat, dalam rangka menghasilkan draf visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  5. Draf tersebut dibahas dalam forum diskusi/lokakarya yang membuka partisipasi para pihak yang lebih luas, untuk kemudian direvisi sesuai dengan hasil diskusi/lokakarya.
  6. Tim penyusun melakukan finalisasi rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi  Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, untuk kemudian dibawa dan disahkan dalam forum Rapat Senat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Berdasarkan persetujuan senat, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menerbitkan SK tentang penetapan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Visi

Visi Program Studi  Pendidikan Islam Anak Usia Dini yaitu: Pada tahun 2028 menjadi Program Studi yang unggul dan  terintegratif dalam melahirkan sarjana Pendidikan Guru Raudhatul Athfal yang  profesional, Imtaq, Iptek.berakhlak mulia,dan mampu memanfaatkan teknologi pendidikan berbasis e-learning dalam pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Visi ini sangat terukur dan realistis.  Visi ini menggambarkan orientasi ke masa depan yang diharapkan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini FakultasTarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung.  Keunggulan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang hendak dicapai itu berfokus pada pengkajian, pengembangan, pengintegrasian, dan pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pencapaian dimaksud akan terealisasi pada tahun 2028.

Keterkaitan visi ini dirumuskan dengan merujuk kepada visi Fakultas dan visi IAIN Raden Intan Lampung.  Visi ini juga merupakan hasil analisis atas kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki dan dihadapi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, sekaligus juga merupakan kajian terhadap visi sebelumnya. Lebih dari itu, dikaji pula visi dan misi dari berbagai perguruan tinggi lain yang mengembangkan kajian dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Hal ini dapat dilihat pada tabel keterkaitan sebagai berikut:

Visi Program Studi Pendidikan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Visi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Visi IAIN Raden Intan Lampung
Pada tahun 2028 menjadi Program Studi yang unggu lterintegratif dalam melahirkan sarjana bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini Athfalyang  profesional, imtaq, iptek .berakhlak mulia dan mampu memanfaatkan teknologi pendidikan berbasis e-learning dalam pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Terwujudnya Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan keislaman yang integratif dan holistik ditingkat Nasional pada tahun 2028.

Terwujudnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang unggul dan kompetitif dalam mengembangkan ilmu pendidikan dan keislaman yang integratif dan holistik ditingkat Nasional pada tahun 2028. Menjadi pusat pengembangan ilmu-ilmu keislaman multi disiplineryang unggul dan kompetitif.

Misi

Misi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah:

  1. Menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dinil yang berorientasi pada kurikulum yang terintegrasi antara wawasan IPTEK dan IMTAQ.
  2. Melakukan penelitian bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini sebagai upaya pengembangan Pendidikan Guru Raudhatul Athfaldan terapannya.
  3. Mempublikasikan hasil penelitian bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini kepada masyarakat.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui kegiatan magang kependidikan dalam upaya menerapkan ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini kepada tenaga pendidik dan masyarakat luas
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjamin kemutakhiran ilmu pengetahuan, keterampilan dan teknologi yang dapat diimplementasikan oleh dosen dan mahasiswa dengan cepat dan tepat sasaran serta bermanfaat untuk orang banyak.

Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah:

  1. Menghasilkan pendidikdalam bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang berakhlak mulia, berkemampuan akademis profesional, berjiwa pemimpin, kreatif, inovatif, dan mandiri berlandaskan karakter kebangsaan dan berorientasi global.
  2. Menghasilkan peneliti dalam bidang pengajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang berakhlak mulia, berkemampuan akademis profesional, berjiwa pemimpin, kreatif, inovatif, dan mandiri berlandaskan karakter kebangsaan dan berorientasi global.
  3. Menghasilkan pengelola dan praktisi dalam bidang pengajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang berakhlak mulia, berkemampuan akademis profesional, berjiwa pemimpin, kreatif, inovatif, dan mandiri berlandaskan karakter kebangsaan dan berorientasi global.
  4. Merealisasikan visi dan misi Program Studi  Pendidikan Islam Anak Usia Dini tentang penyelenggaraan pendidikan akademik, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dibidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.