VISITING LECTURER 2021


PIAUD UIN Raden Intan Lampung dan PIAUD UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 2021

Kamis tanggal 22 April 2021 dilaksanakan kegiatan visiting lecturer antara Prodi PIAUD UIN Jambi dan Prodi PIAUD UIN Lampung. Acara yang dimulai pukul 13.30 hingga selesai ini dipandu oleh moderator Dwi Fadhilah Agustin, mahasiswa Prodi PIAUD UIN Lampung.

Kata sambutan disampaikan oleh bapak Dr. Agus Jatmiko selaku Kajur PIAUD UIN Raden Intan Lampung, menyampaikan bahwa visiting lecturer ini merupakan bentuk kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya antara Prodi UIN Lampung dan PIAUD UIN Jambi di Kampus Raden Intan Lampung beberapa waktu lalu dalam bentuk MoA yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak. Agus Jatmiko Menyampaikan ucapan banyak terimaksih kepada UIN Jambi yang telah bekerjasama dengan PIAUD UIN Lampung pada tahun lalu semoga kerja sama dan silaturahmi ini dapat terjalin dengan baik dan terus berlanjut.

Program Visiting Lecturer dilaksanakan dalam waktu yang cukup singkat, namun demikian semua kegiatan yang telah dirancang dapat terlaksana dengan baik. Kegiatan visiting lecture ini dihadiri para dosen dan mahasiswa di lingkungan Prodi PIAUD UIN Lampung dan PIAUD UIN Jambi. Antusiasme yang tinggi ditunjukkan oleh mahasiswa dan para dosen selama diskusi. Materi dasar-dasar PAUD disampaikan dan menjadi pembahasan yang menarik.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh ibu Neni Mulya, M.Pd dari PIAUD UIN Lampung yang menjelaskan tentang pembagian PAUD, diantaranya PAUD yang sifatnya Formal, PAUD non formal dan PAUD informal dimana masing-masing memiliki porsinya masing-masing dalam pembentukan anak usia dini. Pada pemaparan berikut yang disampaikan oleh bapak Indra Bangsawan, M.Pd dari PIAUD UIN Jambi lebih menekankan peran aktif orang tua dan guru dalam membangun karakter anak usia dini, pak Indra juga menyampaikan pentingnya pengajaran berlandaskan Agama seperti ia mencontohkan pendidikan melayu berupa tunjuk ajar yang tidak lepas dari ajaran Al quran.

Setelah pemaparan materi dilanjutkan diskusi dan tanya jawab antara mahasiswa dengan kedua pemateri, bahkan dalam kesempatan ini, hadir pula mahasiswi Prodi PIAUD STAI Auliurrasyidin tembilahan Riau serta IAI Ar-Risalah Sungai Guntung Riau yang turut bertanya kepada kedua pemateri. Kegiatan diakhiri dengan poto bersama serta pengisian absen untuk pengambilan sertifikat. by:CWK