Workshop Kurikulum Berbasis KKNI dan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester


Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung mengadakan acara workshop bertemakan “Workshop Kurikulum Berbasis KKNI dan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)” yang dilaksanakan selama dua hari yakni hari Kamis dan Jumat tanggal 27 dan 28 Mei 2021 di lakukan secara daring (zoom meeting) dengan narasumber Prof. Dr. H. Undang Rosyidin, M.Pd (Dosen Universitas Lampung dan Dewan Penasehat HEPI UKD Lampung). Acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prof. Dr. Nirva Diana, M.Pd serta dihadiri oleh 30 dosen Prodi PIAUD, terdiri dari Kaprodi, Sekprodi, dan dosen-dosen yang mengampu mata kuliah di Prodi PIAUD yang bertujuan untuk mencapai kelengkapan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sehingga dapat mengaplikasikan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum berbasis KKNI.

Prof. Dr. Nirva Diana, M.Pd menyampaikan Harapan kami, semoga kegiatan workshop ini dapat berjalan sukses, bermanfaat dan para dosen dapat menyusun dan mengaplikasikan RPS kepada mahasiswa agar lulusan siap terjun ke dunia kerja dan semoga acara ini mendapatkan ridho dari Allah SWT “lanjutnya”.

Kegiatan ini bertujuan agar capaian lulusan prodi PIAUD memiliki kemampuan dasar keislaman dalam mengembangkan anak, Perlu adanya rumusan bersama dalam mendesain pola pembinaan keislaman yang menjadi ciri khas PTKIN, dan dalam beberapa hal pada kurikulum yang sudah ada di Prodi PIAUD perlu penyempurnaan, menyesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis KKNI agar lebih optimal. Oleh karena itu, Pembuatan RPS bagi dosen menjadi salah satu bagian tuntutan dari kurikulum, kurikulum tidak boleh berhenti pada pembuatan mata kuliah, akan tetapi bagaimana mampu mengembangkan pada instrumen yang lain hingga pada implementasi kurikulum itu sendiri.

Ketua Program Studi PIAUD Dr. Agus Jatmiko, M.Pd menyampaikan dalam kegiatan workshop ini akan mendiskusikan kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan outputnya adalah tersusunnya dokumen kurikulum yang berbasis KKNI yang nantinya akan menjadi pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran bagi dosen di Prodi Piaud UIN RIL. (CWK)